Kiprah Prof. Akmal Djamaan, Ph.D, MS, Apt.

PProf._Akmal_Djamaan_Ph.D_MS_Aptrof. Akmal Djamaan, Ph.D, MS, Apt. adalah salah seorang alumni Farmasi Unand angkatan tahun 1984 (S-1) dan 1989 (Profesi Apoteker). Sejak 1 Januari 1989 sampai sekarang, beliau mengabdi sebagai Dosen dan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Farmasi (Bioteknologi) pada almamater tercinta Fakultas Farmasi, Universitas Andalas.

Beliau dilahirkan di Bukittinggi 10 Februari 1964, ayahnya Djamaan Hakam dan ibunya Hj. Nursida. Pendidikan SMU diselesaikannya di SMA 1 Bukittinggi. Beliau menamatkan Program S-2 di Fakultas Pasca-sarjana ITB Bandung, tahun 1992 dan S-3 di Institute of Post Graduate Studies, Universiti Sains Malaysia, tahun 2004.

Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Bagian Kimia Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Andalas, dengan pangkat Pembina Utama Muda Golongan IV-d dan sedang diusulkan kenaikan pangkatnya menjadi IV-e. Beliau tercatat sebagai Profesor termuda di Universitas Andalas yang diraihnya pada usia 39 tahun, pada tahun 2004.

Lebih dari 10 (sepuluh) artikel ilmiahnya telah diterbitkan oleh berbagai Jurnal International bereputasi (Terindex Scopus, level: Q1-Q3) dan telah disitasi oleh lebih dari 40 orang peneliti di dunia yang juga menerbitkan artikelnya di berbagai Jurnal Internasional. Di antara jurnal internasional yang menerbitkan tulisannya adalah: Polymer Degradation and Stability (United Kingdom, Q1, Elsevier), International Journal of Biological Macromolecules (Nederland, Q2, Elsevier), Journal of Chemical and Pharmaceutical Sciences (India, Q2), Research Journal of Pharmaceutical, Biological, and Chemical Siences (India, Q3), dan International Journal of Pharmacy & Pharmaceutical Sciences (India, Q2). Artikel lengkap dan perkembangan riset yang dilakukannya dapat di-download dari www.researchgate.net/profile/Akmal_Djamaan.

Di samping itu, beberapa hasil penelitiannya juga telah terdaftar dalam 7 (tujuh) paten pada Ditjen HaKI, Dephukham RI, sehingga pada saat ini Fakultas Farmasi Universitas Andalas, tercatat sebagai fakultas farmasi dengan pendaftaran paten terbanyak di Indonesia.

Beliau menekuni riset dalam bidang bioteknologi, khususnya biopolimer antara lain: pengolahan minyak kelapa sawit menjadi bahan baku plastik/polimer yang ramah lingkungan dan aplikasinya dalam bidang kesehatan, pertanian, makanan dan kemasan. Dana untuk risetnya diperoleh antara lain dari: Program Penelitian Hibah Kompetensi, Penelitian Fundamental, Penelitian Hibah Bersaing, dan Riset Pengembangan Ipteks, dari Dikti Depdinas RI. Selain itu juga pernah mendapatkan Hibah Penelitian dari Habibie Center, Hibah Penelitian Bung Hatta, serta IRPA Project Grant, Kementerian Pendidikan dan Alam sekitar, Kerajaan Malaysia sebagai Research Officer.

Beliau telah menulis beberapa buku teks yang digunakan sebagai buku referensi dalam perkuliah di Program Pascasarjana dalam bidang Bioteknologi, Kimia Polimer dan Polimer Farmasi. Di antara buku tersebut adalah dengan judul: 1). Produksi biopolimer dari minyak kelapa sawit, glukosa dan asam oleat (2015), 2). Konsep produksi P(3HB) dan P(3HB-ko-3HV) secara fermentasi (2011) dan 3). Mikroorganisme dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang (2010), 4). Diversifikasi minyak kelapa sawit sebagai bahan mentah untuk produksi biopolimer dan aplikasinya. Semua bukunya diterbitkan Andalas University Press.

Beberapa paper beliau telah dipresentasikan pada berbagai Seminar Internasional, baik sebagai pembicara oral maupun poster, antara lain pada: 4th International Conference on Chemical Sciences, Padang, Indonesia, 2015, 7th International Seminar of Indonesian Society for Microbiology. Padang. Indonesia, 2014; Asian Conference on The Life Sciences and Sustainability, Hiroshima, Japan, 2014; 3th. International Seminar on Tropical Rainforest Plants and their Ulilization for Development, Padang, Indonesia, 2001; 1st Cooloqium on Potential Utilization of Starch and Lignocellulosic Material for Value Added Application, Penang, Malaysia, 1997; The 2nd. Indonesia, Malaysia and Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Uninet conference, Hat Yai, Thailand, 1998; The Regional Conference on Polymeric Materials, Penang, Malaysia, 1998; 2nd. Cooloqium on Potential Utilization of Starch and Lignocellulosic Material for Value Added Application, Penang, Malaysia, 1999; International Symposium on Biological Polyhydroxyalkanoate, Tokyo, Japan, 1998; dan pada 1st. National Biodegradable Plastic Research colloquium, Penang, Malaysia, 1997.

Prof. Akmal Djamaan, sampai saat ini telah bertindak sebagai pembimbing utama, lebih dari 100 Skripsi mahasiswa S-1, puluhan Tesis mahasiswa S-2, juga sebagai ko-promotor 2 Disertasi mahasiswa S-3 pada Jurusan Kimia dan Jurusan Biologi FMIPA Unand. Selain itu juga beberapa mahasiswa bimbingannya lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Dalam bidang managemen, beberapa jabatan yang pernah beliau pegang, di antaranya: Ketua Program Magister (S-2) Ilmu Farmasi, Ketua Jurusan (S-1) Farmasi, Ketua Program (S-1) Ekstensi Farmasi, Ketua Program Profesi Apoteker, Ketua Bagian Kimia Farmasi, dan Kepala Laboratorium Mikrobiologi, pada Fakultas Farmasi Universitas Andalas Padang. Juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengelola Asrama Universitas Andalas. Dalam bidang organisasi, beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Badan Pimpinan Daerah (BPD) Ikatan Sarjana Farmasi, Sumatera Barat, Anggota Majelis Penasehat, Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sumatera Barat, dan bagian Riset dan Pengembangan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (Permi), Cabang Sumatera Barat.

Dalam bidang pengabdian masyarakat, beliau antara lain diminta sebagai Narasumber oleh Pemko Kota Padang (2015) tentang pengembangan minyak kelapa sawit dan diversifikasinya dalam rangka IORA, Pemda Kab. Solok Selatan (2014) tentang Pemanfaatan ektrak kulit manggis sebagai komoditi unggulan daerah, Pemda Kab Limapuluh Kota (2014) tentang pengembangan dan keamanan obat herbal, Bappeda Propinsi Sumatera Barat (2013) tentang proses pendaftaran paten berbagai produk industri kecil, Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang (2013) tentang produk riset yang berpotensi untuk pendaftaran HaKI. Beliau juga merupakan sebagai salah seorang Asessor Sertifikasi Dosen bidang kesehatan dan juga anggota Tim Akreditasi Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan, di Sumatera Barat.

Saat ini, di samping mengajar, beliau adalah salah seorang staf peneliti pada UPT. Laboratorium Biota Sumatera, Universitas Andalas, yang merupakan laboratorium sumbangan dari Presiden Megawati Soekarno Putri, khusus untuk pegembangan Biota Sumatera. Selain itu, beliau juga merupakan salah seorang Reviewer Proposal Penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Andalas, Anggota Senat Fakultas Farmasi dan anggota Majelis Guru Besar Universitas Andalas.

Dalam beberapa kesempatan beliau sering diminta menjadi narasumber tentang proposal penelitian dan HaKI di beberapa PTS di Sumatera Barat, Riau dan Sumatera Selatan, seperti: LPPM Universitas Bung Hatta, Lembaga Penelitian STMIK Indonesia, Lembaga Penelitian IAIN Imam Bonjol Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (Stifi) Perintis Padang dan Sekolah Tinggi Farmasi Riau (Stifar), Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (Stifi), Bakti Pertiwi, Palembang. Di Universitas Andalas sendiri, beberapa fakultas telah meminta beliau sebagai narasumber pada seminar/ workshop penelitian dan paten, antara lain: Fakultas Teknik, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran, dan juga diminta sebagai reviewer proposal penelitian dosen Fakultas Keperawatan.

Sesuai dengan jargon Universitas Andalas, Leader in Character Building and Etrepreneurship, Prof. Akmal Djamaan tercatat sebagai seorang dosen Entrepreneurship dan Leadership di Program S-1 Fakultas Farmasi Unand. Beliau juga terjun sebagai pebisnis obat herbal dan beberapa produk lainnya. Capaian tertinggi diraihnya pada bulan Oktober 2012, yaitu mencapai level-2 secara Nasional di perusahaan PT.Ufo BKB-Syariah Jakarta dengan posisi Crown Director dan masuk peringkat 29 dalam 50 besar peraih Passive Income tertinggi (> Rp 50,000,000/bulan). Beliau tercatat sebagai Manager Depo PT Ufo BKB-Syariah Padang dan juga sebagai Owner Stokist Xamthone Padang SG-5848 dengan produk unggulan ekstrak kulit manggis Xamthone. Di samping di PT. Ufo BKB-Syariah, beliau juga ikut bergabung menjalankan bisnis di PT. KK-Indonesia, PT. Winalite Indonesia, PT. Melia Propolis, PT. Fine Gold Indonesia, dan PT. Rokok Herbal Indonesia. Selain bisnis obat herbal, beliau juga pernah menjalankan bisnis apotek, Bimbingan Belajar Essence, pengembangan Jamur Tiram dan konveksi seragam sekolah/kantor/perusahaan.

Penghargaan dan award yang berhasil beliau peroleh antara lain: Award Peneliti Muda Terbaik Universitas Andalas (2000), Dosen Teladan I Fakultas MIPA Universitas Andalas (2001), Dosen Teladan II Universitas Andalas (2001), Peneliti Terbaik Bidang Eksakta, Dikti (2006). Di samping itu, pernah memperoleh Silver Medal Award for The 27th. Salon International Des Inventions, Geneve, Swiss (1999) dan Silver Medal Award for The International Invention, Innovation, Industrial Design and Technology Exhibition di Kuala Lumpur (1998) yang merupakan hasil kolaborasi dengan peneliti bioplastik Universiti Sains Malaysia.

Alamat Kantor:
Fakultas Farmasi, Universitas Andalas, Kampus Unand Limau Manis, Padang
Web. http://ffarmasi.unand.ac.id
Tel. +62-751 71682
Fax. +62-751 77057

Alamat Kontak:
www.researchgate.net/profile/Akmal_Djamaan
Blog. https://profakmaldjamaan.wordpress.com/
Email. akmaldjamaan@yahoo.co.id
akmaldjamaan@ffarmasi.unand.ac.id
HP. 0812 6667 6566

Komentar

komentar